3 Kesalahan Fatal Membeli Mok Yan Jong atau Wooden Dummy

Bagi para pecinta beladiri Wing Chun atau Jet Kune Do pasti sudah tidak asing dengan alat latihan yang satu ini. Mok yan jong atau wooden dummy seolah telah menjadi peralatan wajib bagi para praktisi yang berlatih beladiri Wing Chun. Namun tahukah Anda, bahwa sebenarnya mok yan jong itu bukan hanya untuk beladiri Wing Chun atau Jet Kune Do Saja? Dari pengalaman dalam pemasaran dan produksi mok yan jong / wooden dummy KIMU, tim Wingchunsport mengira bahwa mungkin hal inilah yang membuat para pecinta beladiri menemui kesalahan fatal dalam membeli mok yan jong.

Kadang kala, ada pelanggan yang membeli mok yan jong / boneka kayu untuk berlatih beladiri selain Wing Chun atau Jet Kune Do. MUNGKIN saja alat ini dapat digunakan, namun bisa jadi karena teknik latihan yang berbeda dengan Wing Chun atau Jet Kune Do, alat ini menjadi kurang maksimal dalam penggunaannya.

Berikut ini 3 kesalahan fatal dalam membeli mok yan jong atau wooden dummy:

Kesalahan 1: Tidak Disesuaikan Dengan Teknik Beladiri yang Hendak Dilatih
Konon awalnya, mok yan jong atau boneka kayu (bahasa Indonesia) ini digunakan sebagai alat bantu berlatih teknik-teknik tertentu dalam beladiri di Kuil Shaolin. Dahulu dalam kuil saolin terdapat 108 bentuk boneka kayu atau mok yan jong.

Mengapa ada banyak bentuk? Ya jelas karena saat itu tidak memungkinkan satu bentuk mok yan jong atau boneka kayu dapat sesuai untuk melatih semua teknik tendangan, tangkisan, atau ringkusan di kuil Shaolin.

Memang saat ini yang paling dikenal oleh masyarakat luas adalah mok yan jong atau boneka kayu untuk berlatih bealdiri Wing Chun atau Jet Kune Do. Berikut ini fotonya:
Mok Yan Jong / wooden dummy untuk berlatih Wing chun atau Jet Kune Do
Mok yan jong / boneka kayu untuk berlatih Wing chun atau Jet Kune Do
Namun tahukah Anda ada banyak jenis mok yan jong atau boneka kayu dengan bentuk yang berbeda? Berikut ini beberapa contoh fotonya:
Mok yan Jong / boneka kayu dengan 1 lengan atas, 2 lengan tengah, dan 1 buah lutut
Mok Yan Jong dengan 2 sisi yang berbeda tinggi
Mok Yan Jong 4 sisi
Dari beberapa contoh di atas, tentu saja bentuk dari mok yan jong / boneka kayu tersebut agak sedikit berbeda dikarenakan fungsinya yang mungkin memang berbeda. Nah, tim wingchunsport martial arts shop sangat merekomendasikan supaya anda berkonsultasi terlebih dahulu pada pelatih beladiri yang anda tekuni sebelum memutuskan untuk membeli mok yan jong / wooden dummy. Tanyakan dengan jelas, jenis "alat latihan berpasangan" atau alat simulasi seperti apa yang paling cocok untuk beladiri yang anda tekuni. ;)

Kesalahan 2: Tidak Mempertimbangkan Faktor Lokasi
Selain dari sisi fungsi, salah satu faktor penting sebagai pertimbangan dalam membeli mok yan jong / boneka kayu adalah "lokasi". Maksudnya adalah 'lokasi di mana mok yan jong / boneka kayu akan ditempatkan'. Kesalahan menentukan jenis mok yan jong tanpa mempertimbangkan 'lokasi' penempatannya akan membuat mok yan jong tidak dapat digunakan secara maksimal atau justru penggunanya sendiri yang tidak dapat bergerak leluasa pada saat berlatih.

Contoh: ada 2 (dua) jenis populer boneka kayu yang biasa digunakan untuk berlatih beladiri Wing Chun / Jet kune Do. Yang pertama adalah jenis berpalang, sedangkan satu lagi adalah jenis single. Jelas kalau dilihat dari sisi dimensi, boneka kayu wing chun jenis berpalang akan jauh lebih memakan tempat dibandingan dengan jenis single. Untuk tempat yang relatif sempit seperti ruangan kamar atau ruangan-ruangan dalam rumah, mungkin mok yan jong / wooden dummy tipe single lebih dipertimbangkan dibandingkan dengan tipe berpalang.

Ada pula mok yan jong yang didesain untuk ditempelkan pada dinding. Selain faktor kekuatan, mungkin faktor tempat juga menjadi pertimbangan untuk membeli mok yan jong tipe ini.
Mok yan jong / boneka kayu berpalang - sudut
Mok Yan jong / boneka kayu tipe single dengan pegas
Mok Yan Jong / Boneka Kayu Wing Chun yang dipasang pada dinding

Kesalahan 3: Asal Murah
Ada harga, ada kualitas. Kadang kala kita hanya memikirkan "murah" secara "nominal" saja. Bukan secara "NILAI".

Beberapa hal yang dapat digunakan untuk menilai 'kualitas' dari sebuah mok yan jong adalah sebagai berikut:
- kekuatan bahan baku. Bahan baku akan menentukan keawetan, kekuatan, dan berat jenis mok yan jong atau boneka kayu. Silahkan baca artikel ini untuk mengetahui cara menentukan bahan baku yang baik.
- teknik pembuatan. Teknik produksi yang baik dan terstandarisasi akan menghasilkan mok yan jong relatif berkualitas dan aman digunakan dalam berlatih.
- teknik finishing. Teknik ini akan mempengaruhi halus-kasar sebuah mok yan jong / boneka kayu. Wooden dummy atau mok yan jong yang 'asal murah' biasanya memiliki mutu atau standar finishing yang relatif rendah. Hal ini akan berefek pada saat berlatih. Finishing yang kurang baik atau kurang teliti (detail), pada taraf tertentu kadang kala dapat membuat cedera pada kulit atau bagian tubuh yang bersentuhan dengan mok yan jong / wooden dummy.

Bahan baku yang baik dan berkualitas, teknik pembuatan yang baik dan terstandarisasi, dan teknik finishing yang dilakukan oleh para profesional di bidang ini akan mencetak mok yan jong atau boneka kayu yang berkualitas. Tentu saja hal ini membuat harga menjadi sedikit lebih tinggi secara nominal ya. ;)

Jadi.. JANGAN 'asal murah' secara nominal ya. Pertimbangkan benar-benar dari segala sisi sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah mok yan jong / boneka kayu.

Semoga bermanfaat.

- wingchunsport -


Previous
Next Post »